Home > Profile > Background > History

History

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) tidak dapat dilepaskan dari Pusat Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Pusilkom UI) yang didirikan pada tahun 1972. Tujuan dari lembaga ini adalah untuk mengembangkan Ilmu Komputer di Indonesia, khususnya di UI. Berawal dari peralatan sederhana dan sumbangan dana dari Ford Foundation, maka mulai digunakan punch machines untuk pengembangan program komputer, dengan menempati gedung berlantai 4 di Kampus UI Salemba.

Pada tahun 1976 Pusilkom UI telah dipercaya untuk melakukan pemrosesan data ujian masuk perguruan tinggi negeri SKALU.Pengalaman dan dukungan yang diperlukan untuk pengolahan data dalam skala nasional, memberikan dorongan kepada pengelola UI untuk memberikan beasiswa dengan mengirimkan personil Pusilkom UI melakukan studi lanjut ke Amerika Serikat. Sebagai unit organisasi yang dianggap cukup kuat sumber dayanya, maka Pusilkom UI ditunjuk sebagai Pusat Antar Universitas di bidang Ilmu Komputer untuk menunjang penerapan dan pengembangan teknologi komputer di Indonesia.

Seiring dengan perkembangan waktu dan dukungan dari UI untuk kegiatan pengembangan Ilmu Komputer, maka muncul inisiatif untuk membentuk program pendidikan Ilmu Komputer. Inisiatif tersebut didukung pula dengan ketersediaan sumber daya, khususnya SDM, yang terdiri atas para tenaga pengajar yang telah menyelesaikan studi di bidang Ilmu Komputer. Pada tahun 1986, Program Studi Ilmu Komputer secara resmi dibuka, yang kemudian menjadi Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom UI). Pada tahun 1988, Fasilkom UI membuka program S2 dalam bidang Ilmu Komputer, yaitu Program Magister Ilmu Komputer (MIK).

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, Program MIK berkembang menjadi 2 kekhususan yaitu :

  • Kekhususan Ilmu Komputer, dengan titik berat pada riset bidang Ilmu Komputer
  • Kekhususan Teknologi Informasi, dengan titik berat pada manajemen Teknologi Informasi dan Sistem Informasi

Pada tahun 1999, Fasilkom UI juga telah membuka program pendidikan untuk jenjang S3 dalam bidang Ilmu Komputer. Kabar yang menggembirakan khususnya untuk program MTI adalah berkembangnya Program MTI menjadi Program Studi Magister Teknologi Informasi pada tahun 2005.

Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan visi Fasilkom UI untuk menjadi top referral institution dalam bidang pengembangan dan riset Ilmu Komputer di Indonesia.