Home > Profile > Facilities

Facilities

Gedung
Program MTI menempati sebuah gedung berlantai 4 di Kampus UI Salemba seluas 1200 m2.

Ruang Kelas
Terdapat 4 (empat) ruang kelas yang berlokasi di lantai 2 (2 kelas), lantai 3 (1 kelas), dan lantai 4 (1 kelas). Masing-masing kelas berkapasitas 35 orang dan dilengkapi dengan AC, LCD projector dan komputer yang terhubung ke jaringan serta Internet. Foto Ruang Kelas

Ruang Dosen
Ruang dosen berlokasi di lantai 3 dimana didalamnya terdapat 4 ruang tertutup yang dapat digunakan untuk konsultasi atau bimbingan. Masing-masing ruangan dilengkapi dengan sarana komputer dan AC. Selain itu juga terdapat lounge dan meja makan.

Ruang Makan
Ruang makan berlokasi di lantai 2 dan lantai 5 dilengkapi dengan televisi dan lemari es. Foto Ruang Makan

Ruang Server
Dilengkapi dengan AC dan didalamnya terdapat 6 unit komputer server untuk mendukung proses komputasi dan komunikasi program MTI. Ruang server berlokasi di lantai 1.

Ruang Teknisi
Berlokasi di lantai 3. Teknisi selalu siap sedia dari pagi hingga malam hari untuk membantu kelancaran penyelenggaraan perkuliahan di kelas maupun di laboratorium.

Ruang Seminar atau Diskusi
Terdapat 2 (dua) ruang diskusi yaitu:
  • Lantai 1 dengan kapasitas 10 – 12 orang dengan AC dan white board.
  • Lantai 3 dengan kapasitas 8 – 10 orang dengan AC.
Foto Ruang Diskusi

Musholla
Terdapat sebuah musholla ber-AC di lantai 2 yang juga dilengkapi dengan tempat wudlu. Foto Musholla

Ruang Sekretariat dan Arsip
Ruang sekretariat dan ruang arsip berada di lantai 1.

Toilet
Toilet untuk pria dan wanita berada di lantai 1 dan 3.

Ruang Laboratorium Komputer
Program MTI memiliki 2 (dua) laboratorium komputer yang dilengkapi dengan AC yaitu:
  • Satu laboratorium e-learning dengan 8 unit komputer di lantai 3 lengkap dengan ruang diskusi didalamnya.
  • Satu laboratorium terbuka dengan 30 unit komputer di lantai 4 lengkap dengan whiteboard dan LCD projector.

Seluruh komputer di laboratorium (dan juga seluruh komputer di semua ruang) terhubung ke jaringan fiber-optic kampus yang bernama Jaringan Universitas Indonesia TerpAdu (JUITA). Keterhubungan ini memungkinkan seluruh sarana komputasi di Program MTI juga dapat mengakses sarana komputer FASILKOM UI di Depok. Sambungan jaringan antara kampus UI Depok dengan kampus UI Salemba menggunakan jaringan microwave berkecepatan 2 Mbps. Jaringan komputer lokal (LAN) di Program MTI menggunakan Fast Ethernet (100 Mbps) yang terhubung ke Internet selain juga dapat mengakses server-serverweb server, proxy server, staff & student mail server, news server, file/print server, application/database server, serta e-learning server.
Foto Laboratorium Komputer

Perpustakaan
Merupakan cabang dari perpustakaan Fasilkom UI Depok yang memiliki lebih dari 12.000 judul buku dan jurnal dengan kapasitas 15-20 pengunjung. Dilengkapi juga dengan AC dan 8 unit komputer untuk pencarian referensi melalui jaringan dan internet. Perpustakaan MTI berlokasi di lantai 4. Perpustakaan ini tersambung secara online melalui intranet FASILKOM UI dengan perpustakaan di Fasilkom UI Depok dengan menggunakan perangkat lunak LONTAR.
Perpustakaan Fasilkom UI memiliki koleksi yang terdiri atas:

  • Koleksi Buku
Terdiri dari buku dengan jumlah lebih dari 11.000 judul dan referensi/rujukan dengan jumlah lebih dari 500 judul. Terdiri juga koleksi skripsi/tesis/laporan kerja praktek/seminar. Pencarian koleksi buku dapat dilakukan melalui layanan LONTAR.

  • Koleksi Majalah
Terdiri dari majalah terbitan dalam negeri, majalah terbitan luar negeri dan surat kabar dalam negeri. Sistim layanan buku dan majalah bersifat tertutup yaitu peminjam tidak dibenarkan mengambil langsung ke jajaran koleksi.
Peminjaman koleksi buku dan majalah dapat melalui layanan sebagai berikut: - Peminjaman buku, majalah, surat kabar, seminar, tugas akhir
- Informasi melalui telepon, e-mail, maupun faksimil
- Layanan fotokopi


  • Koleksi Software dan Manual
Bagian ini menyimpan software beserta manualnya yang dipakai atau terpasang pada sistem komputer di lingkungan Fasilkom. Sistem layanan manual bersifat terbuka yaitu peminjam diperbolehkan menelusuri langsung ke jajaran koleksi manual. Sistem layanan software bersifat tertutup yaitu peminjam tidak dibenarkan mengambil langsung ke jajaran koleksi software. Dalam memenuhi kebutuhan informasi tentang manual ataupun software yang diperlukan, peminjam dapat menelusuri melalui LONTAR yang dikembangkan oleh FASILKOM UI.

Software hanya dapat dipinjam untuk keperluan pekerjaan di lingkungan Fakultas Ilmu Komputer. Peminjaman koleksi software dan manual dapat melalui layanan sebagai berikut:
- Peminjaman langsung dan melalui telepon
- Layanan fotokopi

Pengunjung perpustakaan adalah staf Pusilkom / Fasilkom / UPT Komputer, mahasiswa Fasilkom, mahasiswa UI dan alumni Fasilkom.

Jam buka perpustakaan adalah:

Salemba Depok
Senin s/d Jumat 11:00 - 19:00 08:30 - 16:30
Sabtu 09:00 - 15:00 tutup
Foto Perpustakaan

SCELE
Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, MTI menggunakan lingkungan pembelajaran online yang bernama SCELE (Student-Centered E-Learning Environment). SCELE merupakan hasil pengembangan lebih lanjut perangkat lunak open source Moodle yang dilakukan oleh FASILKOM UI dalam rangka menunjang penerapan e-learning. Mahasiswa diharapkan untuk secara rutin mengunjungi SCELE untuk mengakses silabus, materi kuliah, serta deskripsi tugas atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh pengajar. Materi kuliah yang tersedia di SCELE tidak hanya berupa slides kuliah tetapi juga video pengajaran.
Didalam SCELE terdapat berbagai fasilitas seperti TUGAS untuk mengakses tugas mata kuliah termasuk mengatur pengumpulannya, FORUM untuk fasilitas komunikasi dosen dengan mahasiswa, dan berbagai fasilitas lainnya yang selengkapnya bisa dilihat di http://scele.cs.ui.ac.id.