Program Studi Magister Ilmu Komputer (PS MIK) yang dibuka pada tahun 1988 merupakan kelanjutan dan inti dari disiplin ilmu komputer murni dalam membangun fondasi sains bidang komputasi. Seiring dengan meningkatnya pemanfaatan Ilmu Komputer di berbagai bidang maka berkembanglah kebutuhan terhadap tenaga ahli dalam bidang Teknologi Informasi (TI). Bidang TI merupakan bentuk pengembangan dan penerapan ilmu dan teknologi komputer dalam tatanan sosial, organisasi maupun individu.

Hal ini mendorong Fasilkom UI pada tahun 1996 untuk membuka program kekhususan baru di dalam PS MIK yaitu kekhususan TI yang kemudian disebut Program Magister Teknologi Informasi (MTI) yang kegiatan akademik dan administratifnya diselenggarakan di Kampus UI Salemba. Fasilkom UI termasuk pioneer dalam penyelenggaraan program jenjang S2 dengan fokus pada manajemen TI.

Pertengahan tahun 2005, program MTI resmi menjadi Program Studi dengan SK DIKTI No. 2006/D/T/2005, tertanggal 24 Juni 2005. Dengan SK tersebut, mahasiswa MTI yang masuk setelah SK tersebut keluar, akan mendapatkan gelar Magister Teknologi Informasi (MTI).

Latar belakang dibukanya Program MTI adalah:

  • Adanya kebutuhan sumber daya manusia dalam bidang TI yang mempunyai keahlian dan kompetensi untuk mampu menerapkan TI pada berbagai bentuk organisasi dalam rangka pencapaian tujuan organisasi tersebut.
  • Berkembangnya berbagai karakteristik keahlian dalam bidang TI yang perlu pengkajian lebih mendalam yang terkait dengan berbagai sektor bisnis dan industri, seperti Manajemen TI, Pengembangan Sistem Informasi (SI) ataupun TI, Perencanaan Strategis SI/TI, dan lain sebagainya.

Karakteristik Program MTI adalah:

  • Penekanan pada kemampuan integrasi yang kuat antara penerapan TI dengan pengetahuan yang dalam mengenai manajemen dan strategi organisasi.
  • Ketersediaan kesempatan untuk mengembangkan dan memperdalam kompetensi dan spesialisasi dalam bidang: Manajemen TI, Pengembangan Sistem Informasi (SI) ataupun TI, Perencanaan Strategis SI/TI, dan lain sebagainya.